4 Prinsip Dari Warren Buffett Saat Menginvestasikan Saham

Banyak orang di dunia beranggapan bahwa strategi investasi yang dipegang oleh Warren Buffett adalah rahasia besar – tetapi ini bukanlah rahasia sama sekali.

Bahkan, kriteria investasi Buffett telah dimasukkan ke dalam halaman awal di setiap Laporan Berkshire Hathaway Tahunan sejak tahun 1982.

  • Kriteria Akuisisi Berkshire Hathaway Inc.

Kami sangat ingin mendengar dari para pelaku atau wakilnya tentang bisnis yang memenuhi semua kriteria dibawah ini:

  1. Pembelian dalam jumlah besar (setidaknya US$ 75 juta dari laba sebelum pajak, terkecuali bisnis akan masuk ke dalam salah satu unik yang sudah ada,
  2. Menunjukkan kekuatan produktif yang konsisten (proyeksi masa depan tidak penting bagi kami, juga tidak “merubah” situasi),
  3. Bisnis mendapatkan hasil yang baik diatas ekuitas saat menggunakan sedikit atau sama sekali tidak ada hutang,
  4. Manajemen di tempat (kita tidak dapat menyediakan hal tersebut),
  5. Bisnis yang sederhana (jka ada banyak teknologi, kami tidak akan mengerti),
  6. Harga penawaran (kami tidak ingin membuang-buang waktu atau menjualnya dengan berbicara, tentang transaksi saat harga tidak diketahui).

Semakin besar perubahannya, semakin besar kepentingan kita: Kami ingin membuat akuisisi di kisaran US$ 5 – 20 miliar.

Tentu saja… Buffett berbicara tentang akuisisi swasta dari seluruh perusahaan disini. Jadi, terkecuali anda memiliki US$ 5 – 20 miliar disekitar, kriteria diatas mungkin tidak bermanfaat untuk anda.

Tetapi jangan khawatir.

Seperti yang akan anda lihat dibawah ini, Warren Buffett dan Charlie Munger mengatakan bahwa mereka “juga senang dengan membeli porsi kecil dari usaha besar dengan cara membeli pasar saham. Lebih baik untuk memiliki minat didalam bagian Hope Diamond daripada memiliki semua berlian imitasi”.

Dalam Surat Pemegang Saham Berkshire Hathaway 1977, Buffett memberi kita salah satu gambaran sekilas pertama ke dalam sesuatu yang kelihatan saat ia mengevaluasi saham, yaitu:

Kami memilih efek sekuritas yang berharga ke dalam banyak cara dimana kita akan mengevaluasi bisnis dengan akuisisi secara keseluruhan. Kami ingin bisnis tersebut menjadi:

  1. Salah satu yang dapat kita pahami,
  2. Dengan prospek jangka panjang yang menguntungkan,
  3. Dioperasikan oleh orang-orang yang jujur dan kompeten, dan
  4. Tersedia dengan harga yang sangat menarik.

Kami umumnya tidak berusaha untuk membeli ekuitas demi perilaku harga saham yang diantisipasi menguntungkan dalam jangka pendek. Bahkan, jika pengalaman bisnis mereka terus memuaskan kita kami menyambut harga pasar lebih rendah dari saham kita sendiri sebagai sebuah kesempatan untuk memperoleh hal-hal yang baik lebih banyak dengan harga yang lebih baik.

Terlepas dari kriteria pertama dan terahir dari ‘pembelian besar’ dan ‘harga penawaran’, hal ini sebenarnya hanya daftar yang sama seperti Kriteria Akuisisi Berkshire untuk pembelian perusahaan swasta yang saya sajikan pertama kali.

  • 4 Prinsip Warren Buffett

Benar, “4 Prinsip” ini seperti yang telah saya sebutkan kepada anda adalah pernyataan murni dari seorang Buffett, dan diringkas serta dirangkum menjadi beberapa keyakinan inti yang melekat dalam banyak kutipan yang paling popular:

  • Sebuah bisnis yang kita pahami: Berinvestasi didalam lingkaran kompetensi

“Satu kebutuhan investor adalah kemampuan untuk sungguh-sungguh mengevaluasi bisnis yang dipilih. Perhatikan kata yang “dipilih”: Anda tidak perlu menjadi seorang pakar pada setiap perusahaan. Anda hanya harus mampu mengevaluasi perusahaan dalam lingkaran kompetensi. Ukuran lingkaran yang tidak terlalu penting; mengetahui batas-batasnya, juga penting”.

  • Dengan prospek jangka panjang yang menguntungkan: Jangka waktu kepemilikan favorit kami adalah selamanya

“Waktu adalah teman dari perusahaan yang indah, musuh dari kelas menengah”.

  • Dioperasikan oleh orang-orang yang jujur dan kompeten

Dibutuhkan waktu 20 tahun untuk membangun reputasi dan 5 menit untuk menghancurkannya.  Jika anda memikirkan hal tersebut, anda akan melakukan sesuatu yang berbeda.

  • Tersedia dengan harga yang sangat menarik: Nilai intrinsik dan margin keamanan

“Dahulu kala, Ben Graham mengajarkan saya ‘Harga adalah sesuatu yang anda bayar; Nilai adalah sesuatu yang anda dapatkan’. Entah kita sedang membicarakan tentang bursa atau saham, saya suka membeli barang-barang yang berkualitas jika sudah ditandai”.

Prinsip #1, #3, dan #4 sangat sederhana untuk dipahami: Berpeganglah dengan apa yang anda ketahui, menemukan manajer yang baik dan jujur, dan membayar lebih sedikit dari nilai yang anda terima.

Tetapi bagaimana dengan prinsip #2? Apa yang dimaksud Buffett dengan “prospek jangka panjang yang menguntungkan?” dan bagaimana kita dapat menentukan apakah sebuah perusahaan telah memenuhi kriteria tersebut?

Jawaban atas pertanyaan ini bermuara pada apakah perusahaan tersebut memiliki “parit pertahanan” abadi yang dapat melindungi “bentengnya”? Dengan kata lain, apakah perusahaan tersebut memiliki semacam keunggulan kompetitif jangka panjang yang akan memungkinkan kita untuk terus memperoleh tingkat pengembalian yang tinggi diatas modal?

Buffett mengunjungi kembali keempat prinsip tersebut didalam Surat Pemegang Saham Berkshire Hathaway 2007. Anda dapat melihat bahwa bahkan setelah 40 tahun berlalu, prinsipnya selalu sama (dan satu-satunya perbedaan terdapat didalam prinsip #4: “Harga yang sangat menarik” menjadi “Harga yang masuk akal”).